30 November, 2010

Pemrograman Berorientasi Obyek pada Bahasa Java

Posting ini dikhususkan untuk : Mahasiswa UMB, Mata Kuliah : PBO I

Salam sejahtera mahasiswaku dan pembaca sekalian.

Pada posting blog ini saya ingin membahas mengenai bagaimana teknik pemrograman berorientasi obyek yang digunakan pada bahasa Java.
Bagi semua pembaca saya menyarankan lebih baik menggunakan bahasa ini, dikarenakan beberapa hal :
1. Lebih halal, karena lebih bersifat Open Source, terbuka dan terlindungi dalam GNU Project.
2. Aplikasi yang dihasilkan bersifat lintas platform Sistem Operasi, sehingga mau pakai Windows, Linux atau apa saja SO nya aplikasi dapat dijalankan asalkan ada runtime untuk SO tersebut. Contoh pada Windows, runtimenya berupa file bernama java.exe yang tersedia setelah anda menginstal JDK1.6.0_02 yang dapat anda download dari http://www.java.com.
3. Untuk membuat aplikasi ini anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi text ASCII murni seperti EDITOR pada DOS, Notepad pada Windows, VI/VIM pada LINUX; atau menggunakan Netbean yang dapat anda download di http://www.netbean.org, atau yang ringan tapi cukup bagus seperti JCreator yang dapat anda download di http://www.jcreator.com. Tentu saja anda harus memperhatikan jenis lisensinya, dan 3 yang terakhir bersifat open source. Hidupppp open source.... :) lebih halal neh...!
Dari pengalaman kalau tidak mau membebani komputer menjadi berat, lebih baik pakai JCreator LE 4.0, kalo pakai Netbean bagus juga cuma buat komputer jadi lambat dan leleeeeetttt.
4. Compilasi menjadi file binary *.class tentu saja pakai compiler yang disediakan oleh Sun Microsystem. Thank you Sun.. always Open Source.

Dari pada berlama-lama cerita silahkan download di http://www.harrywitriyono.com/files/Tugas%20Java%201.pdf.
Ketik semua kodenya dengan teliti dan pelajari baik-baik ya. Lalu kerjakan tugasnya dan kumpulkan ke saya lewat flashdisk. Kalau emang susah ketemunya sama saya, upload aja di http://www.harrywitriyono.com

Baiklah selamat belajar untuk masa depan, saya nggak banyak minta kecuali do'a saja agar kita sehat selalu, banyak barokah, rahmat dan lindungan Allah Swt. Amin.

2 komentar:

HUTA HATUBUAN mengatakan...

Sukses yach bos

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum, wr.wb.

Pak Harry, sewaktu saya membaca kuliah online PBO pada Bahasa Java, saya mencoba mendownload aplikasi java dari link yang bapak berikan.. setelah saya download dan saya install di komputer saya, saya mencoba mengetik kode program java tentang cara Buat Menu Bar, Tampilkan Foto dan Border Label di Java, dan kemudian saya coba jalankan (run). alhasil saya tidak berhasil. saya pikir kemungkinan saya tidak lengkap menginstall aplikasi javanya.saya kesulitan nich Pak, bagaimana menginstalnya secara lengkap. mohon bntuannya y pak.. :) terima kasih. (Rahma 5D)