04 Desember, 2010

Refernsei Kode-Kode Bahasa Pemrograman Java

Artikel ini khusus untuk : Mata Kuliah : PBO I Univ. Muhammadiyah Bengkulu / Umum

Assalamu'alaikum, Wr.Wb /Salam Sejahtera.

Saudara-saudara mahasiswa dan pembaca sekalian, dalam mempelajari bahasa pemrograman komputer sering terjadi anda yang sedang belajar terkonsentrasi hanya mengetik untaian kode yang telah dibuat oleh pembuat programnya. Ini suatu cara yang salah, sehingga bukannya anda mampu menguasai bahasa pemrograman tersebut tetapi malah menjadi pengetik ulang kode program yang dibuat dan tidak mampu mengembangkan aplikasi dengan bahasa tersebut secara baik.

Hal-hal dasar yang harus anda perlukan dalam mempelajari bahasa pemrograman adalah :
1. Mengetahui dan memahai algorithma, kalau di perkuliahan ada Algorithma 1, 2, dan 3.
2. Mengetahui sintaksis dan tata penulisan kode bahasa pemrograman.
3. Mempraktekannya dengan baik, atau mengikuti diskusi mengenai pelajaran-pelajaran pemrograman dan video tutorialnya.

Bahasan artikel ini saya mulai dengan melihat struktur penulisan kode bahasa java :
/*
*
* bagian komentar aja
*/

import ..... bagian penentuan paket obyek/komponen yang dibutuhkan program kita.

public class NamaKlasUtama extends namapakettambahan implements namaimplementasinya {
....
.... bagian deklarasi variabel public dan obyek yang digunakan...
....
public NamaKonstruktorKelasUtama(parameter kalo ada){
....
..... bagian program untuk membentuk konstruktor/ obyek.
....
}
....
.... bagian lain untuk prosedur / obyek lain.
....
public static void main (String [] args){
.....
..... bagian untuk proses inheritance dan mengaktifkan class obyek yang dibuat.
.....
}

}

Berikut ini saya akan membahas beberapa sintaksis dalam bahasa Java dulu, pada artikel lain Insya Allah saya akan bahas dalam bahasa yang lain. Sebenarnya kalau anda rajin masuk forum diskusi bahasanya anda akan menemukan pembahasan mengenai sintaksis tersebut. Masalahnya kalian malas pake bahasa Inggris khan... !? makanya pelajari bahasa apapun biar enak kalau mau berkomunikasi..

Beberapa referensi bahasa Java SE yang adalah :
1. import nama.paket.nya.*;
Fungsinya untuk menentukan nama-nama paket tambahan yang anda gunakan di dalam program, seperti Frame / Form, Button, Label, TextBox, ComboBox, Event, Matematika, dan lain-lain. Contoh :

import javax.swing.*; //mengambil semua paket swing untuk GUI pada java
import java.awt.*; //mengambil semua paket awt untuk GUI pada java.
import java.awt.event.*; //mengambil semua paket event dari paket awt untuk GUI di Java.

2. JLabel namaobyeklabel = new JLabel("tulisan labelnya");
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek label dan tulisanya.

JLabel lnama = new JLabel("Nama anda : ");

3. JTextBox namaobyektextbox = new JTextBox(ukuran);
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek textbox dan ukuran panjang isinya berapa karakter. Contoh :

JTextBox tnama = new JTextBox(50);

4. JPasswordField namaobyekpassword = new JPasswordField(ukuran);
Fungsinya untuk medeklarasikan penggunaan obyek textbox untuk password dan ukuran panjang isinya. Contoh :

JPasswordField tpPassword = new JPasswordField(50);

5. JButton namaobyekbutton = new JButton("judul button");
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek Button. Coba anda cari di forum bagaimana sintaksis bila buttonnya pakai gambar ya.... :) cari sendiri dongggg masa dikasih tahu terus.. :)
Contohnya : JButton blogin = new JButton("Login");

6. JFrame namaobyekframe = new JFrame();
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek Frame / Kotak Interface Program. Contohnya : JFrame framemenuutama = new JFrame();

7. JPanel namaobyekpanel = new JPanel();
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek Panel / kotak pengumpul obyek lain. Contohnya : JPanel panellogin = new JPanel();

8. Container namaobyekcontainer = new Container();
Fungsinya untuk mendeklarasikan penggunaan obyek Container / pengumpul obyek lain.
Contohnya : Container isiframe = new Container();

9. tipedata namavariabel
Fungsinya untuk mendeklarasikan tipe data suatu variabel. Contoh :
String tuser,tpass;
Double nilai1,nilai2;
Int nilai1,nilai2;

10. super("Judul Frame Kita")
Fungsinya untuk menentukan judul frame yang kita buat.
Contoh : super("Login Pengguna")

11. Dimension variabel = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
Fungsinya mengambil catatan ukuran form dan layar untuk disimpan di variabel dan digunakan untuk perhitungan berikutnya.

12. setLocation(posisix,posisiy);
Fungsinya untuk menentukan letak frame / kotak program di layar pada posisi kolom dan baris tertentu.

13. namaobyek.setBounds(x,y,lebar,tinggi);
Fungsinya untuk menentukan posisi dan ukuran obyek seperti JLabel, JTextBox, JPasswordField, JComboBox,JOptionBox, dan lain-lain. Contoh :
lusername.setBounds(20,30,150,20);
tusername.setBounds(100,30,125,20);

14. [namaobyekpanel.]add(namaobyek);
Fungsinya untuk menempelkan suatu obyek ke JFrame, JPanel atau Container. Contohnya :
add(lusername);
panel1.add(lusername);
containerku.add(lusername);

15. namaobyek.addActionListener(this);
Fungsinya untuk menambahkan suatu aksi / even pada suatu obyek. Contoh :
tusername.addActionListener(this);
blogin.addActionListener(this);

16. setVisible(truefalse);
Fungsinya untuk menentukan apakah suatu Frame tampil atau tidak di layar.

17. variabelstring = obyektext.getText();
Fungsinya untuk mengambil isi tulisan yang ada pada obyek JTextBox, JPasswordField, JComboBox, JListBox, dan lain-lain lalu disimpan pada variabel bertipe string yang telah dideklarasikan sebelumnya. Contoh :
tuser = tusername.getText();
tpass = tpassword.getText();

18. variabelstring.equals("string yang dicocokan");
Fungsinya untuk mencocokan suatu string. Contohnya : tuser.equals("UMB") artinya isi variabel tuser sama dengan "UMB".

19. JOptionPane.showMessageDialog(null,"Pesan yang ditampilkan","Judul",1);
Fungsinya untuk menampilkan kotak dialog dengan judul tertentu.

20. TipeObyek namaobyek = new ClassObyekLama.
Fungsinya untuk menurunkan sifat suatu obyek lama menjadi obyek baru yang sama sifatnya. Contoh : JFrame frmenu = new ContohMenu(); //menentukan bahwa frmenu sebagai obyek class turunan dar ContohMenu.

21. System.exit(0); untuk mengakhiri suatu aplikasi / prorgram.

22. variabelDouble = Double.parseDouble(variabelstring);
Fungsinya untuk mengubah tipe suatu variabel string menjadi variabel double. Contoh :
a = Double.parseDouble(tbil1.getText()); //mengubah isi string di tbil1 menjadi bilangan double yang disimpan di variabel a.

23. Math.POW(a,b); untuk menghitung hasil perhitungan a pangkat b.

24. ObyekText.setText("Teks yang akan dimasukkan");
Fungsinya untuk mengirimkan suatu string / tulisan ke obyek Text.


Demikian dulu ya..nanti kita sambung lagi

4 komentar:

mughak mengatakan...

makasih pak..?? semoga ini bsa membantu kami untuk lebih memahami perintah dasar yang ada di Java

akang..ocep mengatakan...

asslm, bapak ni andi kurniawan smester VE TI.. kunci pokok dalam bahasa pemrograman java dengan JCreator itu apa pak? biar saya dalam memahami struktur dalam pemrograman java lebih mendalam. terimakasih sebelumnya pak... waslam

harrywitriyono mengatakan...

Andi Kurniawan dan semuanya, kunci pokok memahami suatu bahasa komputer adalah :
1. Pahami tata aturan penulisan kode bahasanya.
2. Pahami sintaksis dari kode-kode bahasanya.
3. Yang terpenting memahami algorithma pemrograman dengan baik, baik pbo atau procedural.

vicky mengatakan...

ass pak
untuk tugas menghitung nilai akhir semester itu tidak keluar hasilnya pak
untuk listingnya sudah benar tidak ada yang salah pak setelah di compile
tus bagaimana y pak????